Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis.

Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam.

Get the latest news!


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkah rakhmat dan karunianya yang telah di berikan kepada kita semua,dan mempercayakan saya sebagai hambanya untuk menjalani hidup ini dengan bermakna ,dan terimakasih ijinkanlah saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh orang yang telah membantu saya membuat makalah “Ciri-ciri,Unsur dan Teori Organisasi”. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Teori Organisasi Umum 1yang ditugaskanoleh Dosen Pengasuh Elvia fardiana.


 Makalah ini menjelaskan tentang hal apa saja yang menyangkut organisasi,dengan tujuan agar semua orang yang membaca dapat lebih memahami ” Ciri-ciri,Unsur dan Teori Organisasi “.Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai bahan pembelajaran untuk menghadapi Era dimana organisasi sangat pesat sekarang ini.
<span class="fullpost">
 Saya yakin  makalah ini masih jauh dari sempurna,maka dari pada itu kritik dan saran sangat saya nantikan sebagai bahan pembelajaran untuk diri saya dan orang lain yang membacanya.
jakarta,10 oktober 2010

andry yudha prawira

DAFTAR ISI
kata pengantar....................................................................................................................1
daftar isi...............................................................................................................................2
BAB 1 PENDAHULUAN....................................................................... ............................3
1. latar belakang.......................................................................................................3
2.maksud dan tujuan..............................................................................................3
3.ruang lingkup.......................................................................................................3
BAB 2 PEMBAHASAN....................................................................................................4
1.ciri-ciri organisasi...................................................................................................4
2.unsur organisasi.....................................................................................................5
3.teori organisasi.......................................................................................................6
BAB 3 PENUTUP..............................................................................................................9
kesimpulan...................................................................................................................9
saran..............................................................................................................................9
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................10

Bab I
PENDAHULUAN
1.  Latar Belakang
Di zaman sekarang ini yang dimana semua  hal sudah sangat erat hubungannya dengan Organisasi baik berupa organisasi internal dalam suatu kawasan atau organisasi eksternal yang sangat mempengaruhi apa yang ada disekitar sangat banyak.Ini terjadi bukan hanya di Organisasi Formal saja Tetapi organisasi yang bersifat Informal juga.
Ketidaktahuan masyarakat akan organisasi bias mengakibatkan fatal pada suatu bidang yang dia pimpin,oleh karenanya dibutuhkan suatu pengetahuan tentang apa itu organisasi, bagaimana kepengurusannya,apakah termasuk legal atau illegal organisasi tersebut.Semua itu dapat kita hindari agar kita tidak masuk organisasi yang tidak jelas dengan cara membaca dan mengetahui bagaimana ciri-ciri suatu organisasi yang baik,mengetahui apa saja unsure-unsure organisasi yang seharusnya diikuti dan kemudian adalah kita tahu tentang teori-teori yang dipakai dalam membentuk suatu organisasi tersebut agar tidak salah langkah.
2. Maksud Dan Tujuan
Maksud dan tujuan penyusunan naskah ini sebagai sarana untuk memberikan gambaran/tentang bagaimana cirri-ciri organisasi yang baik dan memang standar,mengetahui unsure apa saja yang dapat membentuk organisasi yang sangat berkaitan dnegan yang lain dan tahu akan teori-teori organisasi yang ada.
3. Ruang Lingkup
Penulisan naskah karya tulis  ini dibatasi pada pembahasan tentang SAP Perkuliahan yang mengajarkan tentang cirri-ciri organisasi,ubsur organisasi dan teori organisasi yang ada di buat para ahli.
 

BAB II
PEMBAHASAN

1.CIRI-CIRI ORGANISASI.
Dalam membahas suatu bentuk organisasi secara mendetail maka perlu diperinci apa saja yang tercakup dalam seluk beluk organisasi.Adapun dalam pembahasan ini pertama ditekankan pada:
a).Definisi Organisasi
b).Proses Organisasi
Sebelum lebih jauh masuk ke pembahasan mengenai cirri-ciri organisasi,kita harus mengerti secara menyeluruh mengenai definisi organisasi dan proses organisasi.Manusia adalah mahluk social yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan.Tetapi karena keterbatasan kemampuan  manusia menyebabkan manusia tidak dapat mencapai tujuan tanpa ada hal kerjasama.Hal inilah yang mendasari manusia untuk hidup dalam berbagai organisasi yang ada dalam masyarakat sekarang ini.
Organisasi banyak mempunyai difisi,karena organisasi dapat dipandang dari berbagai perspektif.Tetapi  bagaimanapun juga ada semacam kesepakatan pendapat dalam kenyataannya bahwa organisasi pada umumnya dikembangkan sebagai instrument bagi pencapaian tujuan tertentu dan cenderung muncul dalam situasi dimana orang-orang menyadari manfaat organisasi sebagai suatu  jalan yang terbaik pelaksanaan kegiatan kolektif.
Ada beberapa macam definisi organisasi.
a).Menurut Ernest dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan,pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari orang orang dalam suatu kelompok kerja.
b)Menurut Cyril Soffer
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing masing diberi peranan tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas0tugas,dibagikan diantara pemegang peranan dan kemudian digabungkan ke dalam beberapa bentuk hasil.
c).Definisi organisasi secara umun
Organisasi adalah orang-orang yang usahanya harus dikordinasikan,tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan tergantung,bekerjasama atas dasr pembagian kerja,peran dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Dari hal-hal yang sudah dijelaskan diatas tersebut maka dapat kita ketahui apa saja ciri-ciri organisasi yang harus kita pahami.Diantaranya adalah:
a.Organisasi adalah lembaga social yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan
b.Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan0tujuan tertentu
c.Organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
d.Organisasi adalah instrument social yang mempunyai batasan-batasan yang secara relative dapat diidentifikasikan.
 2.UNSUR-UNSUR ORGANISASI
a).Manusia
Manusia sebagai mahluk social membutuhkan wadah atau suatu tempat untukmenyalurkan suatu tujuannya atau prinsipnya.Dia membutuhkan suatu alat yang bisa menjadikan  kebenaran informasi ,karena itulah manusia membutuhkan organisasi.
b).Lingkungan
Suatu organisasi bias muncul dari kesamaan tempat orang orang yang berada didalam organisasi tersebut.Ini dimaksudkan bahwa lingkungan sangat berpengaruh dalam terbentuknya suatu organisasi.Contohnya adalah organisasi yang bersifat kedaerahan,misalnya perkumpulan atau panguyuban yang walaupun nama mereka tidakmencerminkan organisasi tetapi struktur dan tujuan mereka adalah sama.
c).Tujuan Bersama
Organisasi tidak akan terbentuk jika tidak mempunyai tujuan yang sama.Karena ini akan menyangkut visi dan misi yang dibentuk dalam suatu organisasi.
d).Peralatan(equipment)
Keberadaan peralatan dalam suatu organisasi itu sangat penting.Ini bias dijadikan penunjang dalam rangka  menjalankan suatu organisasi.Dan setiap peralatan yang ada akan menjamin suatu organisasi tersebut profesional atau tidak.
e).Kekayaan Alam
Berbicara kekayaan alam dalam suatu organisasi mungkin menurut saya ini menyangkut asset berharga yang dimiliki.Berdirinya suatu organisasi diperlukan materi yang tidak sedikit untuk membuat suatu organisasi tersebut menjadi professional meskipun dilain hal ada anggota yang memang sudah professional dalam menjalankan organisasi tersebut.
f).Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi
Mental yang baik dan mantap dalam berorganisasi sangat dibutuhkan.Ini akan berakibat buruk seperti hancurnya organisasi jiki mental anggota dan pengurus organisasi sangat lemah.
Kesemua unsur tersebut jika terpenuhi maka akan menjadikan suatu organisasi yang sangat kuat dan akan menjadi ukurun atau acuan organisasi lain yang belum barhasil memanajemen organisasinya.Maka dari itu sebaik mungkin smua unsur organisasi diatas harus dipenuhi walaupun dalam waktu yang lama untuk mewujudkannya.
 3.TEORI ORGANISASI
Dalam pembahasan mengenai teori organisasi,mencakup masalah teori-teori organisasi yang pernah ada dan berlaku beserta sejarah dan perkembangannya hingga sekarang.Yaitu meliputi teori organisasi klasik,teori organisasi nonklasik,dan teori organisasi modern.
a.Teori Organisasi Klasik
Teori klasik kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun seribu elapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat sentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.
Teori klasik berkembang dalam 3 aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu :teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.
Teori birokrasi :
Teori ini dikembangkan oleh Max Weber dalam buku”The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism’.Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional.Organisasi itu legal,karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan procedure dan peranan yang dirumuskan secara jelas,dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
Teori administrasi:
Teori ini sebagian besar dikembangkanatas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika.
Henri fayol memerinci fungsi-fungsi kegiatan administrasi menjadi elemen-elemen manajemen yang dikenal sebagai Fayol’s functionalism atau teori fungsionalisme Fayol  yaitu : perencanaan,pengorganisasian,pemberian perintah,pengkoordinasian dan pengawasan.
James D.Money dan Allen Reilly pada tahun 1931 menerbitkan  buku mereka,”Onward Industry”.Mereka menyebut koordinasi sebagai factor terpenting dalam perencanaan organisasi, dan menekankan tiga prisip organisasi yaitu :
-          Prinsip koordinasi
-          Prinsip scalar
-          Prinsip fungsional
Manajemen Ilmiah
Dikembangkan mlai tahun 1900 oleh Fredrick Winslow Taylor.Teori ini masih banyak dijumpai dalm praktek-praktek manajemen modern.Taylor dalam teorinya mengemukakan empat kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan dalam organisasi perusahaan, yaitu :
-          Menggantikan metoda-metoda kerja dalam praktek dengan berbagai metoda yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja yang ilmiah dan benar.
-          Mengadakan seleksi-seleksi,latihan-latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah.
-          Pengembangan ilmu tentang kerjasama serta seleksi,latihan dan pengembangan ilmiah harus di integrasikan.
-          .untuk mencapai manfaat menajemen ilmiah,perlu dikembangkan semangat dan mental para karyawan.
 b.Teori organisasi Neoklasik
            Teori  neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
            Percobaan-percobaan di Howthrone yang dilakukan dari tahun 1924 sanmpai 1932 menandai permulaan perkembangan teori hubungan manusiawi.Percobaan ini merupakan kristalisasi teori neokalsik.Penemuan Howthrone telah menambah dimensi baru bagi teori organisasi.Dan pada akhirnya percobaan-percobaan Howthrone menunjukkan bagaimana kegiatan kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada operasi organisasi.
            Dalam hal pembagian kerja,teori neoklasik telah mengemukakan perlunya hal-hal sebagai berikut :
  • Partisipasi ,yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
  • Perluasan kerja(jon enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
  • Manajemen bottom-up yang akan menberikan kesempatan kepada yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.
c.Teori organisasi modern
            Teori modern disebut juga analisa system pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.
Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi sangat kompleks,dinamis,multilevel,multidimensional,multivariable dan probabilistic.Teori modern menunjukkan tiga kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya dalam berorganisasi,yaitu :
# komunikasi
# konsep keseimbangan
# proses pengambilan keputusan
            Perkembangan teori organisasi yang dibahas,memberikan dasar munculnya berbagai pendekatan manajemen yang berbeda.Pendekatan tersebut adalah :
a)      Pendekatan proses,sebagai pendekatan fungsional,operasional,universal dan tradisional
b)       Pendekatan keperilakuan atau disebut juga pendekatan hubungan manusiawi
c)      Pendekatan kuantitatif
d)     Pendekatan system
e)      Pendekatan situasional

BAB III
PENUTUP
 1.Kesimpulan
Suatu organisasi akan sangat berguna dan bermanfaat apabila sesuai dengan unsure-unsur ,cirri-ciri dan teori yang dipakai untuk membentuk organisasi tersebut.Tetapi pilihan yang bagus adalah jika dibentuk menurut teori organisasi modern karena telah mengacu kepada suatu bentuk structural.
2. Saran
Dari  pembahasan naskah di atas, kita perlu menata kembali kekuatan struktural untuk melakukan proses pengorganisasian.Selain penguatan struktural, pembenahan mental dalam suatu organisasi harus diasah agar tidak terjadi penbubarab organisasi tersebut jika organisasi tersebut sangat penting bagi masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
  1. http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/ciri-unsur-organisasi
  2. Widyatmini , Pengantar Organisasi & Metode,Penerbit Gunadarma,Jakarta,1996.
  3.  
</span>

Leave a reply

0 Comments to "ciri-ciri,unsur dan teori organisasi"

Sample Text

Tayangan Laman

Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3

Recent Posts

Featured Video

BTricks

BThemes

Download

Diberdayakan oleh Blogger.

populer

About Me

Followers